Gudeg Nangka Praktis dan simple

Gudeg Nangka praktis dan simple

September 20, 2019



Gudeg Nangka praktis mamih mel
Gudeg Nangka


Kemarin setelah sekian lama tidak buka buka Facebook tidak sengaja saya melihat postingan gudeg nangka di salah satu grup memasak terkenal. Dan seperti biasa emak emak seperti saya suka langsung ngiler dan pengen buat. Foto Gudegnya cantik, beliau yang punya postingan bilang kalau beliau memasak menggunakan slow cooker selama hampir seharian, berhubung saya tidak punya Slow Cooker dan keukeuh pengen buat gudeg jadilah saya masak dipanci tapi cuma 4 jam saja, karena suami dan anak anak sudah pada lapar, hehehe... Ok untuk resepnya sepereti dibawah ini yaa...

Bahan:

  • 500 gr nangka muda
  • 250 gr ceker ayam
  • 4 buah tahu putih (saya pakai tahu kuning, karena stock dikulkas yang ada tahu kuning)
  • 4 butir telur ayam rebus
  • 3 ruas lengkuas
  • 50 gr kemiri
  • 1 sachet ketumbar bubuk
  • 10 butir bawang merah 
  • 10 butir bawang putih
  • 1 butir gula merah 
  • 2 bks santan kara
  • garam
  • penyedap rasa
  • daun salam secukupnya
  • serai secukupnya 

Cara membuat:

Cuci bersih nangka muda yg sudah dipotong potong. Rebus nangka dalam panci presto kira kira 15 menit, buang air rebusan, sisihkan.

Siapkan panci, susun daun salam (saya gunakan batangnya juga) dan batang serai. taruh nangka yang sudah di rebus diatasnya, tambahkan air panas yang sudah dimasak. Haluskan bumbu bumbu dengan blender (kemiri, bawang merah, bawang putih dan lengkuas). Masukan bumbu yang sudah dihaluskan bersama dengan garam, gula merah, ketumbar dan penyedap rasa.

Setelah mendidih masukan ceker ayam dan telur rebus, tambahkan tahu juga, terakhir tambah santan Kara. Masak hingga kuah berkurang atau sampai kering sesuai keinginan. Kalau saya, memasaknya kurang lebih 4 jam dalam panci dengan api kecil. Untuk tahu saya tidak masak terlalu lama karena takut tahunya hancur. Gudeg Nangka siap dihidangkan.


You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE

Like us on Facebook