hidanganutama

Kimchi

Maret 01, 2016


Kimchi Melani
Kimchi
Kali ini saya akan berbagi resep Kimchi makanan tradisional asal negeri Ginseng Korea yang diolah melalui proses fermentasi. Awal saya menyukai makanan ini dulu saat masih bekerja di salah satu PMA Korea saya sering dikasih oleh istrinya Boss, tadinya sih tidak suka, tapi lama-lama karena keseringan dikasih akhirnya saya suka. Setelah berhenti bekerja ada rasa kangen ingin makan Kimchi, tapi sayang harganya lumayan mahal, dibandingkan dengan harga sawi-nya sendiri yang relatif sangat murah dan mudah di dapat di pasar tradisional. Akhirnya saya pun memutuskan untuk membuat sendiri. Berikut ini resepnya:


Bahan :

1 kg Sawi putih
1 ons Cabai merah
10 butir Bawang putih
2 buah Bawang bombai
5 sdm Tepung ketan putih campur dengan 200 ml air putih
5 sdm minyak ikan
Garam secukupnya.

Cara Membuat:

Cuci bersih Sawi. Belah menjadi 2 bagian. Rendam dengan air garam secukupnya selama 5-6 jam hingga layu. Angkat, bilas dengan air bersih, tiriskan.





Masak tepung ketan dengan api kecil hingga mengental, biarkan dingin.
Haluskan bawang putih, bawang bombai dan cabai merah. Campur dengan tepung ketan, tambahkan minyak ikan dan garam secukupnya. Aduk rata. Masukan campuran cabai merah kedalam sawi putih yang sudah layu, masukkan juga ke sela-sela sawi nya jangan lupa gunakan sarung tangan plastik. simpan dalam wadah plastik yang tertutup rapat. Biarkan disuhu ruang selama 1 hari hingga sawi berair. Setelah 1 hari Kimchi bisa dimakan dan masukan kedalam lemari pendingin agar Kimchi tahan lama.


You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE

Like us on Facebook